Warisan Budaya Serta Peran Pemuda Dalam Menjaga Keberagaman Budaya Indonesia

beritakin.com, Jakarta –  Hari Sumpah Pemuda 2023 yang menyoroti pentingnya pemahaman pemuda terhadap situs-situs warisan budaya sebagai lampirannya memiliki nilai yang mendalam. Dalam acara renungan Hari Sumpah Pemuda tersebut, Eddie Karsito menekankan komitmen dalam melindungi dan mengelola warisan budaya, sejalan dengan Konvensi Warisan Dunia 1972 UNESCO.

Eddie Karsito juga mengajak generasi muda untuk mempelajari dan menghargai tapakan warisan yang memiliki nilai budaya, seperti makam-makam karuhun di wilayah Kecamatan Jatisampurna. Ia mencatat bahwa situs-situs tersebut memiliki nilai sejarah yang tak ternilai, mengingatkan kita akan sejarah panjang yang harus dijaga.

Selain itu, Eddie membahas peran mbah Priadi Jaya Sampurna, mbah Raden Mas Wajah, dan aki Sajian dalam menyebarkan ajaran Islam di Nusantara, dan bagaimana mereka memengaruhi nama-nama daerah yang masih kita kenal hingga sekarang.

Eddie juga menyoroti pentingnya menghormati para leluhur dan bagaimana masyarakat di Jatisampurna menjaga tradisi ini, sejalan dengan ajaran Islam. Dia mengajak pemuda untuk menjaga Indonesia yang multikultur dan merawat warisan budaya, serta mengajarkan nilai-nilai budaya ini kepada generasi muda.

Acara renungan Hari Sumpah Pemuda ini juga dijadikan upaya pendokumentasian dan observasi dengan pendekatan antropologis untuk lebih memahami karakter masyarakat dan nilai-nilai kearifan lokal. Eddie Karsito menyatakan bahwa menjaga situs-situs dan warisan budaya dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian kebudayaan.

Dalam konteks ini, peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 juga menandai hari lahirnya Rumah Budaya Satu-Satu (RBSS), yang bertujuan memperjuangkan budaya Indonesia dengan nilai-nilai luhur, solidaritas, dan semangat “Bhinneka Tunggal Ika.”

(Kelana Peterson)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button