Wapres RI ,Jadikan Filosofi ahlak Sebagai bekal Semangat untuk berkarya

Jakarta, beritakin.com . – BUMN memegang peran penting dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat. Selain itu, BUMN berkontribusi besar kepada negara melalui pendapatan negara baik aset dan ekspansi bisnisnya, hingga peran serta dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu, untuk memajukan BUMN, SDM di seluruh lembaga pemerintah tersebut perlu menerapkan core value yang telah ditetapkan, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK)

“Melalui penerapan nilai dasar AKHLAK secara nyata dan konsisten, BUMN diharapkan betul-betul berkerja unggul dan kompetitif, demi Indonesia bersih, bebas korupsi, dan maju, menuju pencapaian Visi Indonesia 2045,” harap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada Pembukaan Acara Akhlak Award BUMN Tahun 2022 Selasa, (05/06/2022).

Lebih jauh, kepada seluruh SDM BUMN, Wapres juga memberikan tiga pesan khusus.

“Pertama, jadikan filosofi AKHLAK sebagai bekal semangat untuk terus berkarya dan berinovasi melayani rakyat. AKHLAK BUMN sebagai core value seyogianya menjadi pijakan untuk naik kelas, serta modal untuk menang dalam berkompetisi,” tegasnya.

Selanjutnya, Wapres juga berpesan, untuk meninggalkan mindset bahwa BUMN akan selalu diselamatkan apabila berkinerja buruk atau mengalami kasus.

“Jika pemikiran semacam ini terus melekat, maka BUMN bisa saja mengalami keruntuhan, yang pada akhirnya akan berdampak buruk kepada layanan masyarakat dan perekonomian negara,” jelasnya.

Terakhir, Wapres menekankan, untuk selalu menyiapkan mental adaptif dalam menghadapi perubahan dan meningkatkan kemampuan diri seiring dengan kemajuan zaman serta ciptakan resiliensi.

“Sehingga BUMN mampu bertahan di tengah beragam ancaman disrupsi dan perubahan dunia, dan tidak terjebak di zona nyaman. BUMN selayaknya terus meng-upgrade dirinya seiring dengan kemajuan zaman, hingga berhasil mewujudkan cita-cita BUMN Indonesia yang mendunia,” imbaunya.

Hadir pula dalam acara tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Pendiri ESQ Group/ACT Consulting Ary Ginanjar dan para unsur BUMN.

Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Tim Ahli Wapres Iggi Haruman Achsien, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing M.Zulkarnain. (NAR/SK-BPMI, berita Setwapres)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here