TNI AL Gelar Kasal Cup, Memasyarakatkan Olahraga Perairan

Jakarta – TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan menggelar event Kasal Cup Olahraga Perairan tahun 2021 dalam rangka memasyaratkan olahraga perairan ke masyarakat.

Kasal Cup ini mempertandingkan enam cabang olahraga yaitu renang perairan terbuka, dayung beregu, selam, ski air, jetski dan layar, yang direncanakan digelar mulai 6 sampai 8 Agustus 2021 mendatang di Pantai Festival Ancol, Jetski Indonesia Academy, Dermaga Porlasi Sea Front, Pondok Dayung dan Danau Sunter.

Persiapan-persiapan menjelang pelaksanaan masih terus dilaksanakan melalui rapat panitia yang digelar di Posko Kasal Cup 2021 kantor Dispotmaral, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (14/06) yang dipimpin Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika selaku Ketua Penyelenggara didampingi Ketua Pelaksana Lapangan Kolonel Marinir Citro Subono.

Kejuaraan yang mengusung tema “Melalui Kasal Cup Tahun 2021 dan Dijiwai Semangat Kemerdekaan Indonesia ke-76 dalam Situasi New Normal Covid-19, Kita Wujudkan Jiwa Kebaharian dan Sportifitas Menuju Maritim Jaya Indonesia Maju”.

Ini selain bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga perairan, juga untuk memberikan pembinaan kepada atlet-atlet olahraga perairan, membangun sumber daya manusia maritim sebagai salah satu upaya pembinaan teritorial matra laut dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) serta sebagai ajang pemanasan dalam menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dilaksanakan di Papua pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Kegiatan ini akan dibuka langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Sedangkan para pesertanya berasal dari prajurit TNI dan Polri serta masyarakat umum dengan memperebutkan 150 piala.

Kegiatan rencananya akan dimeriahkan sejumlah demonstrasi seperti terjun payung, ski, tarian nasional dari berbagai daerah dengan membawa 150 piala, parade military spec vehicle jeep dari tahun 1940 sampai dengan 1980an.

Sementara itu, kelas-kelas yang dipertandingkan adalah cabang selam meliputi; OBA M course terbuka putra/putri, OBA 5 point course open putra/putri, fins swimming 3000 meter open putra/putri, fins swimming 3000 meter TNI-Polri putra/putri dan fins swimming 6000 meter open putra/putri.

Cabang renang meliputi; renang perairan terbuka TNI-Polri putra/putri 2.000 m, pemula putra/putri sampai dengan 13 tahun dan umum putra/putri 3.000 meter.

Sedangkan untuk cabang dayung meliputi dayung perahu naga terbuka putra 12 crew 500 meter, dayung perahu naga terbuka putra 12 crew 200 meter dan dayung perahu naga TNI-Polri putra 12 crew 200 meter dan cabang layar meliputi laser 4.7 putra/putri, laser radial putri, laser standar putra, wind surfing techno putra/putri, wind surfing RSX putra/putri, wind surfing RS one putra/putri dan layar 420 putra putri.

Untuk cabang jetski meliputi rising star R/A stock box, junior 10 – 13 tahun R/A stock box, beginner dan ameteur R/A stock box, endurance R/A open dan endurance R/A TNI-Polri, dan cabang ski air mempertandingkan open men/women slalom, open men/women trick, open men/women jump, open men/women wakeboard dan open men/women wakesurf. myz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here