Biak,Beritakin | Skadron Udara (Skadud) 27 Lanud Manuhua Biak menambah kekuatan dengan datangnya satu unit pesawat CN-235.

Kedatangan pesawat angkut sedang dengan tail number  A-2304, di Apron Skadud 27, disambut Kadisops Kolonel Pnb I Ketut Adiyasa Ambara, Sabtu (4/9/2021). Tradisi water salute, penyiraman air bunga dan potong tumpeng mewarnai penyambutan pesawat.   Beberapa Pejabat Lanud Manuhua tampak ikut hadir.

Pesawat A-2304 sebelumnya telah diterbangkan Komandan Skadud  27 Letkol Pnb Yoga Wiwit dari Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Lanud Manuhua Biak.

Dalam sambutannya, Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M. yang dibacakan Kadisops mengatakan, pesawat A-2304 sebelumnya menjadi kekuatan Skadud  2 Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta.  Atas kebijakan pimpinan TNI AU, pesawat  diserah terimakan menjadi kekuatan Skadud 27 Lanud Manuhua di bawah jajaran Koopsau III.

Dengan penambahan ini, sekarang Skadud 27 mengoperasionalkan 5 unit pesawat CN-235, terdiri dari 3 unit versi angkut dan 2 unit versi intai.

Diharapkan penambahan ini dapat menambah kesiapan Skadud 27 dalam melaksanakan tugas-tugas operasi penerbangan di Wilayah Udara Koopsau III yang cukup luas.

Pesawat A-2304 baru saja selesai melaksanakan program Re-wiring, yaitu peremajaan sistem kelistrikan pesawat.

“Kita berharap pesawat dapat mendukung tugas Skadron Udara 27,  sebagai Komandan Lanud saya berpesan agar pesawat CN 235 A-2304 maupun pesawat yang lainya di operasionalkan dengan aman sesuai program lambangja yang terus kita galakan dan kita tingkatkan” ujar Komandan Lanud Manuhua. (PR Dispaenau/DK/ONE) | Foto: Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here