Satgas Yonif 413 Kostrad Amankan Puluhan Paket Ganja Kering di Perbatasan RI-PNG

Papua – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/BRM Kostrad berhasil mengamankan dua puluh paket Ganja seberat 800 gram dari hasil kegiatan sweeping yang dilakukan di sepanjang jalan poros Keerom-Jayapura Distik Arso Kabupaten Keerom.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto dalam konfirmasinya saat ditemui di Pos Kotis Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Rabu (17/2/2021), menyampaikan bahwa dalam upaya menjaga stabilitas keamanan dan mencegah kegiatan ilegal di wilayah Perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Pos Kout KM 31 pimpinan Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat menggelar kegiatan sweeping (pemeriksaan) dengan sasaran pengendara roda dua dan roda empat yang melintas di poros jalan Keerom, Jayapura.

“Berdasarkan laporan yang saya terima dari Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat, bahwa dua puluh paket Ganja tersebut ditemukan oleh salah satu anggota yang ikut dalam kegiatan sweeping bernama Kopda Chundori saat melakukan penyisiran di luar area pemeriksaan kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” ungkap Dansatgas.

Sementara itu, Kapten Inf Hervin Rahadian yang menjabat sebagai Wadansatgas menjelaskan bahwa sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan terhadap mobil pick up berwarna hitam Nopol PA 8128 AP membawa delapan orang penumpang di belakangnya yang dicurigai atas gerak-geriknya seolah seperti kebingungan.

“Kita periksa secara detail namun tidak ditemukan adanya barang ilegal di mobil tersebut, bahkan kita cek satu persatu di kantung-kantung celana dan baju mereka juga tidak ada apa-apa,” katanya.

“Beruntung Kopda Chundori menggunakan naluri intelijennya menyisir tempat sebelum mobil pick up itu masuk, dan akhirnya ia menemukan plastik hitam berisi dua puluh paket Ganja kering siap edar seberat 800 gram, untungnya kita masih ingat Nopol mobil tersebut dan berkoordinasi ke Polresta Jayapura dan Polres Keerom untuk ditelusuri lebih lanjut,” tambah Kapten Hervin.

Kopda Chundori menuturkan bahwa awalnya ia tidak begitu curiga saat salah satu dari mereka membuang plastik hitam ke arah belakang, namun setelah melihat gerak-gerik mereka pada saat masuk area pemeriksaan seolah seperti ketakutan dan kebingungan, setelah tidak didapati apa-apa dalam mobilnya mereka tancap gas begitu cepat.

“Kecurigaan saya semakin besar untuk membuka plastik itu dan ternyata benar, puluhan paket Ganja ada di dalamnya,” jelasnya.

Barang bukti berupa Ganja kering tersebut sementara ini diamankan oleh personel Pos Kout KM 31 dan sudah dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut. myz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here