PT SMI dan ICF Gelar Talkshow Ngobrol Cerdas Bahas Peran Media di Masa Pandemi

Jakarta – PT Sinar Media Indonesia (PT SMI) dan Indonesia Care Forum (ICF) bekerja sama dengan Radio Muara 693 AM Jakarta serta Radio Muara menggelar acara ‘Ngobrol Cerdas‘, menghadirkan Saiful SH (CEO PT SMI) dan penyanyi Ifny.

“Ngobrol Cerdas” kali ini mengusung tema ‘Peran Aktif Media, Publik Figur Dalam Mengajak Masyarakat Menerapkan Protokol Kesehatan Pasca Vaksinasi Covid-19’. Disiarkan live dari Radio Muara 693 AM Jakarta, pukul 14.00-15.00 WIB, Rabu (24/2/2021).

Dalam kesempatan ini, acara dipandu oleh Litha Soedarto dari Radio Muara 693 AM selaku moderator, Rakisa (Akis) dari ICF yang menggantikan Saiful SH karena mendadak berhalangan hadir.

Saat berbincang mengenai tema tersebut, Rakisa mengatakan bahwa media merupakan komponen penting yang memiliki peran multifungsi, terutama saat pandemi covid-19 dan program vaksinasi, yang melakuakn peran edukasi, dan menjadi sumber informasi yang mampu mempengaruhi masyarakat.

“peran media sangat penting, karena berperan edukatif, dan media harus mampu memberikan wawasan tentang apa dan bagaimana manfaat vaksinasi,” ujar Akis.

Sementara itu, Saiful SH yang diwawancara melalui ponselnya saat live mengatakan, media merupakan komponen penting yang memiliki peran multi fungsi, terutama saat pandemi covid-19 dan program Vaksinasi.

“Hampir 79 persen masyarakat mengambil informasi dan wawasan dari media. Kemudian sebagai penyedia informasi juga media mampu mempengaruhi masyarakat termasuk kalangan artis atau selebriti misalnya himbauan agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menyampaikan pentingnya vaksinasi dan lain sebagainya,” jelas Saiful SH,  CEO PT Sinar Media Indonesia.

Lalu peran media sebagai ‘hiburan’ adalah satu upaya menjaga stamina imun supaya tidak mudah terdampak Covid-19. “Supaya tidak mudah stres dan untuk meredakan ketegangan sosial, di butuhkan hiburan, di sini peran media di butuhkan,” tambahnya.

Oleh karena itulah, Saiful SH menyatakan peran lainnya dari media saat ini harus menghindari pemberitaan hoax serta mampu meredam stigma negatif dengan menyajikan informasi yang jelas sumbernya dan ramah lingkungan.

“Terakhir, bahwa peran penting media saat pandemi covid -19 ini adalah sebagai bagian dari alat kontrol, harus mampu menyampaikan, menginginkan publik bahwa setelah di vaksin tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” tegas Saiful SH yang akrab disapa dengan Mr Bejo.

Saiful SH mengajak masyarakat agar mendukung program vaksin dan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Senada dengan Saiful SH, penyanyi & presenter, Ifny, menyampaikan bahwa peran aktif selama pandemi dan juga vaksinasi Covid-19, adalah bagaimana mengajak fans-fansnya agar mematuhi anjuran pemerintah selama pandemi.

“Jujur selama pandemi ini kita di dunia hiburan, juga terdampak Covid-19, namun kami berusaha agar tetap produktif dan beraktivitas terbatas,” kata Ifny.

Ifny pun mengajak masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat dalam beraktivitas di tengah pandemi.

“Yang penting kita semua harus sama-sama sehat, kita semua mesti waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan,” pungkas Ifny. myz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here