Presiden Umumkan 6 Menteri Baru, Risma Jadi Mensos dan Sandiaga Menparekraf

Jakarta – Terjawab sudah penasaran publik terkait reshuffle kabinet Jokowi – Ma’ruf. Sejumlah menteri kabinet masih dipertahankan. Sementara ada enam menteri baru dalam jajaran kabinet yang diumumkan Presiden Jokowi dalam konferensi pers yang digelar Presiden Jokowi secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Seluruh menteri baru Jokowi hadir di Istana. Jokowi lebih dulu mengumumkan Tri Rismaharini atau yang dikenal dengan nama Risma. Wali Kota Surabaya ini diberi tugas sebagai Menteri Sosial.

Kemudian menyusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf yang kini dijabat Sandiaga Uno yang sebelumnya, Wishnutama Kusbandio.

“Beliau adalah dulu Wagub DKI, ketua HIPMI, saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab memimpin Kementerian Parekraf,” ujar Jokowi.

Setelahnya, Budi Gunadi Sadikin didapuk menjadi Menteri Kesehatan (Menkes). Kemudian, Yaqut Cholil yang diangkat menjadi Menteri Agama (Menag) untuk menggantikan Fachrul Razi.

Menyusul Wahyu Sakti Trenggono. “Beliau sekarang ini Wamenhan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP),” kata Jokowi.

Nama terakhir yang diumumkan Presiden adalah Dubes RI untuk AS M Lutfi, yang diangkat menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) oleh Presiden Jokowi. myz

Berikut nama Menteri & Wakil Menteri baru Jokowi :

Menteri Sosial (Mensos): Tri Rismaharini (Sebelumnya, Juliari Batubara).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif [Menparekraf] : Sandiaga Uno (Sebelumnya, Wishnutama Kusbandio).

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP/KKP): Sakti Wahyu Trenggono (Sebelumnya, Edhy Prabowo).

Menteri Agama (Menag): Yaqut Cholil Quomas (Sebelumnya, Fachrul Razi).

Menteri Perdagangan (Mendag): M Lutfi (Sebelumnya, Agus Suparmanto).

Menteri Kesehatan (Menkes): Budi Gunadi Sadikin (Sebelumnya, Terawan Agus Putranto).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here