Presiden Pilih Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Jakarta, beritakin.com | Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Presiden yang berisi tentang pergantian Panglima TNI yang diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Surat Presiden tersebut diantar langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan diterima langsung oleh Ketua DPR Puan Maharani dan para wakil ketua Dewan lainnya.

“Pada hari ini Presiden telah menyampaikan Surat Presiden mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa,” jelas Puan Maharani, saat konferensi pers, Rabu, 3 November 2021.

Menurut Puan, Presiden hanya mengusulkan satu nama calon Panglima TNI,  karenanya DPR akan memproses pengajuan calon panglima ini sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Badan Musyawarah DPR akan langsung menggelar rapat dan menjadwalkan fit and proper test calon Panglima TNI dan memiliki waktu 20 hari untuk memberikan persetujuan kepada Presiden.

Selain itu, Puan menegaskan bahwa hasil uji kelayakan dan kepatutan Andika akan dibawa ke Rapat Paripurna untuk disahkan pada Senin (8/11), sehingga dalam lima hari ke depan sudah ada keputusan DPR untuk calon Panglima TNI.

Masih menurut Puan, pergantian Panglima TNI ini akan mendapat perhatian dari Dewan. Karena posisi Panglima TNI amatlah strategis untuk menghadapi berbagai tantangan di bidang pertahanan ke depan.

“DPR RI dalam memilih Panglima TNI ini akan memperhatikan segala aspek yang memberikan keyakinan bahwa calon Panglima TNI yang diusulkan, dapat menjalankan tugasnya sebagaimana yang diamanatkan dalam UU TNI.”, beber Puan

“Kami berharap pimpinan DPR untuk segera memproses dan kami berharap memperoleh persetujuan secepatnya agar Presiden dapat segera melantik Panglima TNI yang baru,” harap Pratikno. (ONE) | Foto: Google.co.id

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button