Presiden Jokowi Groundbreaking Universitas Gunadarma di IKN

beritakin.com Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Universitas Gunadarma di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa, 4 Juni 2024. Dalam sambutannya, Presiden menekankan pentingnya fasilitas pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi persaingan global yang makin ketat.

“Sehingga SDM-SDM yang kita miliki nantinya, sumber daya yang kita miliki nantinya akan memiliki kualitas yang sangat baik karena memang sekarang persaingan antarnegara, kompetisi antara SDM-SDM di sebuah negara dengan negara yang lain ini begitu sangat ketatnya,” tambahnya.

Kepala Negara juga meyakini bahwa keberadaan universitas di kawasan IKN dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas SDM di Pulau Kalimantan, khususnya Provinsi Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, Kepala Negara menyampaikan bahwa fasilitas pendidikan dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi dibutuhkan oleh masyarakat sekitar IKN. Presiden pun mengapresiasi pembangunan Universitas Gunadarma sebagai universitas pertama di IKN.

“Saya sangat menghargai, mengapresiasi universitas pertama yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara yaitu Universitas Gunadarma yang nanti akan mengambil program doktoral internasional yang bekerja sama dengan Universitas di Prancis, di Slovakia, di Swedia, dan lain-lainnya,” ujar Presiden Jokowi.

Rencana pembangunan fasilitas pendidikan di kawasan IKN menandai langkah penting dalam upaya pemerintah untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, Kurator IKN Ridwan Kamil, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

(BPMI Setpres) KIN

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button