Perwira TNI – POLRI harumkan Nama indonesia di Unitet Nations Office at Geneva

beritakin.com Perwira TNI kembali mengharumkan nama Indonesia di forum Internasional, setelah memperoleh penghargaan “Commemorative Medal of Peace” pada kegiatan “BLUE HELMETS DAY 2024” di United Nations Office at Geneva, Swiss, yang berlangsung mulai tanggal 28 Mei sampai 4 Juni 2024.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan undangan yang dikirim di karenakan Para Perwira TNI tersebut :

1. Telah menyelesaikan sesi akademik dengan hasil memuaskan di Universal Institute of Professional Management (UIPM) yang merupakan afiliasi dari UN-ECOSOC dan UNA-USA periode tahun 2023-2024*

2. Telah berperan secara aktif dan bekerja sama secara berkelanjutan dengan badan-badan PBB lainnya, seperti UN-ECOSOC, UNESCO dan UNA-USA Kegiatan yang dilaksanakan utamanya adalah di dalam melakukan berbagai Misi Perdamaian Dunia, beragam kegiatan Kemanusiaan dan memiliki andil besar di dalam hal Pendidikan*

Peristiwa penerimaan penghargaan ini adalah merupakan suatu hal yang membanggakan bagi Bangsa Indonesia, dikarenakan baru pertama kalinya Indonesia hadir dan mendapatkan penghargaan secara langsung di United Nations Office at Geneva (UNOG). Para perwira TNI terpilih tersebut dipimpin oleh Ketua Delegasi yaitu Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, dengan anggota delegasi lainnya adalah Kolonel Laut (P) Ario Sasongko, Kolonel Laut (S) Ferry Mulyadi, Kolonel Mar Arief Rahman Hakim, Kolonel Adm Tri Ambar Nugroho dan KBP Aswin Azhar Siregar dari POLRI, yang turut mendapatkan penghargaan serupa.

Kegiatan yang bertajuk “BLUE HELMETS DAY 2024” ini diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh organisasi Soldiers of Peace International Association (SPIA) yang bermarkas di Lyon, Perancis dan merupakan satu-satunya organisasi non-pemerintah (NGO) yang mendapat kepercayaan dari PBB untuk mengadakan kegiatan ini. Hal ini pun dapat diketahui dari web resmi milik PBB yaitu Un.org, dimana pada laman web tersebut terdapat list secara lengkap yang memuat NGO apa saja yang terdaftar dan diakreditasi secara resmi oleh UN HQ at New York maupun oleh UN Office at Geneva. Dalam hal ini SPIA dan UIPM selain tercatat sebagai Special Consultative Status, kedua organisasi ini telah diakreditasi secara resmi oleh UN HQ at New York dan UN Office at Geneva.

Kegiatan ini secara tidak langsung adalah merupakan bentuk diplomasi secara tidak langsung yang dilakukan oleh TNI-POLRI, dimana meskipun memiliki jarak paling jauh dibandingkan peserta lainnya, Indonesia telah mampu menunjukkan komitmennya untuk selalu aktif dalam upaya turut serta menjaga perdamaian dunia. Selama melaksanakan kegiatan tersebut rombongan delegasi di asistensi oleh PTRI di Genewa dan Atase Pertahanan RI di Perancis.

Puspen TNI

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button