Peran Pemerintah Dalam Menangani Dampak Ekonomi Sosial Di Indonesia Yang Semakin Surut, Akibat Pandemi Covid-19

Jakarta, Beritakin.com| Untuk saat ini mengatasi kegagalan pasar atau market yang ada di Indonesia ,seperti kekakuan harga ,monopoli dan eksternalitas yang merugikan, maka peran pemerintah saat ini sangat diperlukan. Dalam perekonomiaan suatu negara yang ada di Indonesia, peran ini dapat dilakukan dalam bentuk peran pemerintah secara langsung dan tidak langsung. Peran Pemerintah secara langsung dan tidak langsung dalam penentuan harga pasar untuk melindungi konsumen atau produsen melalui suatu kebijakan atau penetapan harga minimum (floor prince dan kebijakan penetapan harga maksimum (ceiling prince). Dan Pemerintah juga harus menyelesaikan masalah–masalah di bidang ekonomi saat ini. Karena tidak hanya meliputi masalah–masalah mikro saja yang seperti kekakuan harga, monopoli, dan peran pemerintah.

Permasalahan ekonomi juga bahkan terjadi dalam lingkup ekonomi makro, yang memerlukan kebijakan pemerintah. Di negara-negara sedang berkembang, pada umumnya terdapat tiga masalah besar pembangunan ekonomi, dan ketiga masalaah tersebut itu akan berkaitan dengan kemiskinan, kesenjangan ekonomi  atau bahkan pengangguran yang akan terus meningkat di Indonesia .

Jadi pemerintah perlu untuk mengatasi kemiskinan di negara kita ini, yaitu negara Indonesia, dengan cara membantu masyarakat. Pemerintah melakukan program, program inpres desa yang tertinggal atau idt, pemberian kredit untuk para petani dan pengusaha kecil berupa ‘kredit usaha kecil’ bahkan bantuan langsung tunai seperti (blt) serta program-program lainnya.

Solusi atas masalah kemiskinan yang dapat kita upayakan yaitu dengan dimulai nya dari diri kita sendiri, mulai detik ini dan hingga akhir nantinya. Jadi kita sebagai pelajar atau mahasiswa, belajarlah dengan tekun untuk masa depan diri kalian sendiri serta nantinya akan berkembang potensi positif kalian untuk berguna bagi masyarakat. Contohnya jika kalian belajar dengan tekun maka kalian akan membentuk diri sebagai pribadi yang intelektual serta berakhlakul mulia. Pontensi positif tersebut dapat digunakan untuk memperoleh pekerjaan yang layak sehingga pendapatan yang kalian dapatkan akan membuat kalian jauh dari kemiskinan dan pendapatan kalian juga dapat disisihkan untuk membantu sesama seperti membagikan sembako atau kebutuha –kebutuhan lainya, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan lain-lainnya.

Keterbelakangannya, itu merupakan suatu keadaan yang kurang baik jika dibandingkan dengan keadaan lingkungan lainnya. Maksud dari keterbelakangan adalah negara kita ketertinggalan dengan negara lain dilihat dari berbagai aspek serta berbagai bidang. Jadi Pemerintah harus  fokus pulihkan kondisi sosial ekonomi masyarakat saat covid-19 saat ini.

Oleh: LISA NOPITA SARI .S.pd

Mahasiswa Pasca Sarjana IAIM NU METRO LAMPUNG

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here