Jakarta, beritakin.com | Media literasi dan Edukasi  yang difasilitasi oleh Majapahit TV menggelar webinar publik yang mengangkat tema “Peran Ekonomi Syariah Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional”, Jum’at (17/12/2021).

Webinar yang dipandu oleh oleh Zakiah S.pd ini dimoderatori oleh Riani Solikhah S.pd dengan menghadirkan Dua narasumber yakni Guru Besar UGM, Prof Dr Gunawan Sumodiningrat dan Dosen IAIM NU Lampung,  sekaligus Kepala Lembaga Penjamin Mutu ITERA yakni Dr. Tukiran.

Sementara tiga penenggap yang hadir adalah Artis dan Pengusaha Rosa Amelia; Peneliti Pendidikan Inggar Saputra M.si serta Pengamat Kebijakan Publik Saiful SH atau akrab disapa sebagai Mr. Bejo.

Uraian materi yang di sampaikan oleh Prof Gunawan Sumodiningrat , bahwa ekonomi syariah, memiliki Prioritas, industri halal, keuangan halal, bagi hasil, kerjasama, gotong royong, non riba, kumpulan dari masyarakat yang hatinya sama yaitu peduli Indonesia, NKRI, bersama membangun bangsa dan Peluasan Produk Syariah halal.

Prof Dr Gunawan Sumodiningrat

Ekonomi syariah Membutuhkan langkah nyata.diantaranya, sikap mindset ekonomi umat lintas agama, lintas sarapol, bersama sama menjadi Gerakan nasional, program nasional, Pendampingan saling mengingatkan, wadah koordinasi pentahelik, Digitalisasi, ikut perkembangan Jaman, dan generasi Milenial.

Ekonomi syariah berperan menjadi program Nasional, fokus sektor yang bermanfaat dan kompetetif, di susun strategi nasional keuangan syariah, serta perlunya dukungan Pemerintah.

Ekonomi harus di mulai dari tingkat bawah, Keluarga, Desa, kecamatan, kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Selanjutnya, Dr Tukiran menyampaikan bahwa.Ekonomi syariah harus di sertai dengan kedekatan terhadap Allah SWT. Lalu memanfaatkan bumi dan sumberdaya alam sebagai ekonomi syariah di bidang ketahanan Pangan.c Karena di era digital ini minat bertani sangat minim sekali. Penting untuk kembali budayakan bertani untuk pertahanan pangan Ekonomi Syariah.

Saiful SH selaku Pengamat kebijakan, memberikan tanggapan bahwa dibutuhkan sistem regulasi yang tepat untuk ekonomi syariah yang mana mampu menyumbangkan 80 persen secara nasional terhadap PDB Indonesia. Ekonomi syariah itu bukan ekonominya bangsa Arab, tapi ekonomi berlaku untuk semua dan bahkan lintas agama.

Sementara Rosa Amelia yang merupakan Artis ternama sekaligus Pengusaha PT Dupalo, menanggapi bahwa kedepan ekonomi syariah lebih di gaungkan terlebih untuk produk halal. Usaha yang saya tekuni itu industri Dupa, buhur, rempah-rempah dll.

“Harapan kedepan dengan label halal akan mudah di terima oleh dunia internasional”, ujar Rosa Amelia.

Sementara Inggar Saputra.M.si.mengatakan Ekonomi syariah mengacu kepada UUD 45 dan Pancasila. Karena buat seluruh lintas Agama, dan dengan harapan berkembang nya Ekonomi syariah mampu menekan bisnis bisnis yang meresahkan, misalnya seperti pinjaman online dll.

Pada intinya: Kebersamaan Dan Gotongt Royong Dibutuhkan Demi Ekonomi Nasional. (ONE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here