Peran Aktif Pemuka Pendapat Dalam Pembangunan Di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh: Rakisa

Salah satu indikator penting dalam kemajuan suatu bangsa adalah dengan berjalannya roda pembangunan yang dilaksanakan secara berkesinambungan. Pembangunan tersebut merupakan bagian proses perubahan yang sengaja dilakukan secara terencana dan berkelanjutan menuju tataran kehidupan masyarakat yang lebih baik. Peningkatan kualitas hidup rakyat dalam suatu bangsa merupakan tujuan yang paling penting dalam pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Komunikasi pembangunan diarahkan untuk perubahan sosial yang terancang dengan baik. Komunikasi pembangunan bertujuan untuk secara sadar meningkatkan pembangunan manusiawi, yang berarti bahwa komunikasi dapat menghapus kemiskinan, pengangguran, dan ketidakadilan. Komunikasi pembangunan yang diutamakan adalah kegiatan mendidik dan memotivasi masyarakat.

Rakisa

Tujuan komunikasi adalah untuk menanamkan ide-ide, sikap mental, dan mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan masyarakat. Partisipasi politik dihubungkan dengan demokrasi yang mengedepankan prinsip representasi dan partisipasi tidak langsung. Partisipasi politik diungkapkan dalam tindakan individu atau kelompok terorganisir untuk melakukan pemilu, kampanye, protes atau memengaruhi perwakilan pemerintah. Dalam penelitian komunikasi politik, elit politik informal ini lebih sering dikenal sebagai opinion leader atau pemuka pendapat. Pemuka pendapat adalah orang-orang yang berpengaruhi pendapat, sikap, keyakinan, motivasi, dan perilaku orang lain.

Peranan penting yang tidak dapat dipisahkan dari keterlibatan para pemuka pendapat ini adalah untuk mendorong setiap warga negara agar secara ikhlas dan serius mendukung pengembangan serta untuk memberikan arahan agar pembangunan ke untuk masyarakat.

Berbicara tentang pembangunan, sebenarnya tidak boleh hanya terfokus pada pemenuhan kebutuhan pokok manusia saja―seperti makanan, papan, pakaian, dan kesehatan. Pembangunan juga mencakup apa yang disebut sebagai kebutuhan budaya manusia, seperti pendidikan, informasi, martabat kemanusiaan untuk mendapatkan kebebasan dan hak-hak asasi, dan kekayaan spiritual dalam berbagai bentuknya. Pembangunan seharusnya diusahakan sebagai usaha menyeluruh untuk memenuhi semua kebutuhan dan aspirasi manusia untuk hidup sesuai martabat kemanusiaannya, material maupun spiritual.

Setiap individu memiliki perbedaan dalam memandang suatu proses pembangunan, namun terpenuhinya kebutuhan pokok dan budaya seluruh warga negara dapat menjadi indikator keberhasilan pembangunan. Pelaksanaan pembangunan dalam segala aspek memerlukan dukungan dari berbagai pihak, sebab akan lebih memudahkan dan mempercepat tercapainya tujuan dari pembangunan ini. Karena itu, maka setiap warganegara seharusnya ikut serta mendukung pemerintah melaksanakan pembangunan nasional. Pemerintah juga mesti membuka ruang dan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap warga negara mewujudkan keterlibatannya dalam setiap proses pembangunan.

Partisipasi rakyat sangat penting untuk memudahkan dan mempercepat program-program yang direncanakan, serta memberi kesempatan kepada mereka untuk berbagi ide tentang pembangunan, juga masa depan negara. Dengan partisipasi aktif dimaksud, membuat rakyat menjadi lebih bersemangat, merasa bahwa pembangunan bukan sekadar paksaan dari yang berkuasa, tetapi juga miliknya sendiri. Keberhasilan pembangunan negara tidak akan terlepas dari partisipasi rakyat. Negara saja tidak mungkin dapat melaksanakan pembangunan karena ada keterbatasan maupun kelemahan yang dimiliki oleh negara. Warganegara dapat terlibat langsung dalam pemecahan masalah lokal dan membuat tuntutan mereka terus ke badan-badan negara untuk meningkatkan pemahaman, dan berkontribusi meningkatkan kualitas definisi dan pelaksanaan program-program dan kebijakan publik.

Pembangunan yang berorientasi kebutuhan rakyat adalah berdasarkan apa yang disuarakan dan diinginkan oleh rakyat. Ini menunjukkan bahwa rakyat terlibat dalam menentukan apa-apa yang diperlukan dan ada hak untuk menentukan masa depan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here