Pentingnya Kolaborasi Masyarakat Dalam Percepatan Vaksinasi Cegah Penyebaran Varian Baru Covid-19

Jakarta, beritakin.com | Pemerintah dan masyarakat telah melewati beberapa gelombang pandemi Covid-19 dari 2020 dengan gelombang varian Alpha, Delta di 2021 dan penyebaran varian Omicron di Januari 2022.

Pembelajaran tersebut tentu perlu kolaborasi, tidak hanya pemerintah dalam menangani pandemi ini dan bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk para ahli, media, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi masyarakat, dan instansi pemerintah lainnya.

Menurut Aminah F Sajat, Ketua Garnati, pentingnya kolaborasi ini termasuk dalam hal mempercepat laju vaksinasi covid-19.

“Selain kolaborasi tentunya adalah penguatan layanan kesehatan tentunya sangat krusial di masa pandemi, terutama layanan kesehatan yang mampu menjangkau masyarakat yang berada di pelosok daerah,” ucap Aminah dalam vidio testimoninya dikanal ICF TV, Selasa, 22 Maret 2022.

Senada dengan Aminah, selebritis yang juga komedian, Caesar YPS mengaku bangga dengan kerja keras pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, namun demikian menurut Caesar tidak hanya kerja pemerintah, perlu kolaborasi dukungan semua pihak dalam percepatan vaksinasi ini.

Menurutnya vaksinasi sangat penting bagi kekebalan tubuh dan juga bagian dari upaya ikhtiar dalam percepatan pemulihan dari pandemi yang mewabah tidak hanya Indonesia.

“Sangat butuh ya kolaborasi itu tentunya kita masyarakat terus mendorong pemerintah semua pihak kolaborasi, misalnya saya di entertainment bagaimana mengedukasi masyarakat agar tidak takut dengan vaksinasi dan tetap taat prokes itu sih,” cetus Caesar.

Seperti diketahui berdasarkan data Kementrian Kesehatan beberapa hasil positif dari strategi penguatan layanan kesehatan adalah dengan menurunnya jumlah pasien COVID-19 di rumah sakit menjadi 33% dari total kapasitas nasional dibanding kemarin (1/3) yang sempat berada di posisi 34%. Selain itu, jumlah kesembuhan juga meningkat hari ini menjadi 42.935 dibanding hari kemarin di posisi 39.887. [PR/ONE]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here