PBB Berikan Penghargaan Kepada Almarhum Presiden Iran

beritakin.com Washington . Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadakan upacara penghormatan, Kamis (30/5), untuk Presiden Iran Ebrahim Raisi yang meninggal awal bulan Mei dalam kecelakaan helikopter.

“Presiden Raisi memimpin Iran pada saat yang penuh tantangan bagi negara, kawasan dan global,” kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada para delegasi di Majelis Umum PBB, yang dilakukan dengan mengheningkan cipta selama satu menit.

“Di masa-masa sulit ini, kerja sama internasional dan regional sangat dibutuhkan. Kerja sama tersebut sangat penting untuk membangun kepercayaan, mencegah konflik dan menyelesaikan perselisihan.

“Saya ingin memastikan bahwa PBB berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Iran dan dalam upaya mencapai perdamaian, pembangunan dan kebebasan mendasar,” kata Guterres, menyampaikan “belasungkawa terdalam” kepada pemerintah dan rakyat Iran.

Presiden Majelis Umum, Dennis Francis, mengatakan dia yakin bahwa ketahanan rakyat Iran akan membimbing mereka untuk menunjukkan “kekuatan luar biasa di masa duka yang sulit ini”.

“Sebagai negara anggota pendiri organisasi ini, saya juga yakin Iran akan melihat lebih jauh setelah meninggalnya Yang Mulia Presiden Raisi dan melanjutkan keterlibatannya dalam membentuk hubungan internasional kontemporer,” tambah Francis.

Duta Besar Teheran untuk PBB, Amir Saeid Iravani, mengatakan “kepergian tragis” Raisi merupakan “kerugian besar” bagi rakyat Iran.

Menekankan bahwa Raisi adalah “pemimpin yang berdedikasi” yang “dihormati secara luas atas upayanya yang tak kenal lelah untuk membina hubungan bertetangga yang baik, membangun kepercayaan diri dan mendorong dialog baik di dalam maupun di luar kawasan.”

AS tidak menghadiri penghormatan tersebut.

Menjelang upacara tersebut, orang-orang — yang memegang poster bertuliskan: “Aib bagi PBB yang Mengadakan Peringatan Untuk Penjagal Raisi di Teheran” — melakukan protes di luar markas besar PBB di New York.

Sumber: Anadolu ,Antara .KIN

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button