Pangdam Kasuari Berikan Bingkisan kepada Umat Kristiani dan Hindu di Manokwari

Manokwari – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny Ade Nyoman Cantiasa, Kasdam, Irdam, Kapoksahli Pangdam, Para Sahli Pangdam, Para Asisten dan Kabalakdam, Minggu (13/12/2020), melakukan silaturahmi sekaligus bakti sosial dengan membagikan sembako dan bingkisan kepada warga masyarakat pemeluk agama Kristen dan Hindu yang berada di Kota Kabupaten Manokwari.

Kali ini, Pangdam membagikan 350 paket bingkisan untuk anak-anak sekolah minggu di Majelis Jemaat GKI Thomas Warmare, Klasis Hatamuilemea Sinode GKI Papua dan 50 paket sembako untuk umat Hindu yang berada di Pura “Surya Chandra Bhuana”, SP3, Aimasi, Manokwari.

Saat memberikan sambutan di Gereja Thomas, Kampung Umcen Distrik Warmare tersebut, Pangdam menyampaikan bahwa apa yang dilakukannya adalah merupakan kegiatan Kodam XVIII/Kasuari dalam menyambut Hari Juang TNI AD dan Hut Kodam serta rangkaian aksi “Bulan Kasih di Wilayah Papua Barat” yang berlangsung selama sebulan penuh (Desember).

Khususnya mengawali memasuki gerbang Natal tahun 2020. Dimana HUT Ke-4 Kodam XVIII/Kasuari akan jatuh pada 19 Desember mendatang, sekaligus menyongsong Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD, pada tanggal 15 Desember 2020.

“Hari ini kita berbagi kasih, karena Bulan Kasih ini maknanya adalah bagaimana kita memiliki nilai-nilai berupa rasa saling mengasihi, saling menyayangi, saling peduli, dan juga kita prihatin dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Pada kesempatan ini pula lewat bapak dan ibu pendeta, Pangdam menyampaikan terima kasih karena sudah membimbing anak-anak menuju tercapainya cita-cita mereka. Masa depan, lanjutnya tergantung dari anak-anak semua.

“Karena kedepan, saya dan kita akan pensiun. Generasi dan masa depan kita ada di pundak anak-anak kita. Untuk itu, mari kita siapkan generasi muda ini, yang tentunya juga merupakan harapan kita semua agar menjadi siap untuk memimpin negara ini menjadi lebih maju dan sejahtera,” ucapnya.

“Kepada para orang tua, bapak dan ibu pendeta saya titip, mari kita siapkan mereka, karena kita harus menyiapkan SDM yang ada. Mereka harus unggul, harus mampu bersaing, tidak boleh lemah, harus memiliki karakter dan sikap perilaku yang baik, patuh kepada orang tua, dan kelak bisa mengabdi kepada Bangsa dan Negara Indonesia,” imbuhnya.

Atas kunjungan dan pemberian bingkisan menjelang peringatan Hari Natal oleh Kodam XVIII/Kasuari, pihak Gereja Thomas Warmare sangat mengapresiasinya.

“Atas nama pelaksana harian Majelis Jemaat GKI Thomas Warmare, Klasis Hatamuilemea Sinode GKI di tanah Papua, saya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pangdam XVIII/Kasuari dan jajaran yang dengan suka cita datang mengunjungi jemaat ini. Semoga Tuhan selalu memberkati dan menuntun bapak Panglima Kodam bersama dengan teman-teman sekalian dalam panggilan tugas menjaga keamanan di seluruh wilayah Indonesia,” atau panggilan dalam mengamankan keamanan di Indonesia,” ucap Pendeta Rita Waromi M.Mis (44), penanggung jawab di Gereja Thomas Warmare.

Sementara itu, saat melaksanakan kunjungan dan silaturahmi dihadapan umat Hindu di “Pura Surya Chandra Bhuana: SP 3, Aimasi, Manokwari, Pangdam XVIII/Kasuari mengungkapkan rasa kebanggaannya atas tekad yang kuat dan keuletan bagi segenap warga transmigrasi yang telah berada di tanah Papua Barat ini sejak 1978. Sekaligus Pangdam berharap agar umat Hindu, khususnya yang berdomisili di lokasi permukiman transmigrasi tersebut (22 KK) terus berkontribusi dalam memajukan daerah dan menjaga stabilitas keamanan demi Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Pangdam juga mengungkapkan bahwa kunjungan dan kegiatan sosial yang digelar tersebut, diantaranya adalah dalam rangka “Bulan Kasih Papua Barat” yang telah dicanangkan oleh Kodam XVIII/Kasuari pada awal Desember 2020.

“Tema dalam Bulan Kasih ini agar masyarakat dengan perbedaan yang ada sama-sama memiliki rasa cinta, kasih, peduli, keprihatinan, dan rasa persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa, yang saat ini hidup di tanah Papua. Di sisi lain, kita harus mendidik anak-anak kita untuk masa depan kita semua. Kegiatan bulan kasih ini akan dilaksanakan juga dengan bakti sosial lainnya,” katanya.

Mayjen I Nyoman Cantiasa juga sekaligus mengajak umat Hindu yang hadir di Pura saat itu untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, sekaligus menjalankan kewajiban selaku pemeluk agama Hindu, seperti melaksanakan Trisandya, dan yang lain-lainnya.

Sementara itu, Pinandita Mangku Cokro selaku pimpinan umat Hindu di Pura Surya Chandra Bhuana SP3, Aimasi mengungkapkan kebahagiaannya atas perhatian Pangdam XVIII/Kasuari, baik selaku pejabat TNI maupun sebagai sesama umat Hindu kepada warganya.

“Selaku pimpinan umat Hindu di sini saya merasa bangga sekali. Semoga bapak Pangdam XVIII/Kasuari dan jajarannya selalu dalam lindungan-Nya, dalam menjalankan tugas, dalam memimpin semua anggota menuju ketenteraman, kedamaian, dan kesejahteraan. Juga semoga Indonesia selalu aman selama Pangdam XVIII/kasuari menjabat di tanah Papua Barat ini,” ujarnya. myz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here