Letjen TNI Anto Mukti Putranto Calon Kuat Ketum IMI di Munas 2020

Jakarta – Tidak lama lagi, Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) untuk memilih ketua umumnya, periode 2020-2024. Rencananya, Munas IMI bakal digelar 20 Desember 2020. Salah satu calon Ketum IMI yang paling kuat dan menonjol bakal dipilih yakni Letjen TNI Anto Mukti Putranto (AMP).

Komandan Kodiklat TNI Angkatan Darat ini, digadang-gadang pantas dan layak menduduki Ketum IMI periode mendatang, lantaran memiliki ikatan batin yang kuat dengan dunia otomotif.

Sebut saja yang terakhir, saking keranjingannya dengan hal berbau otomotif, AMP tak menolak, bahkan senang ketika dirinya didapuk menjadi Pembina/Penasehat dalam kepengurusan nasional komunitas Pajero Indonesia ONE (PI ONE).

Sebelum meleburkan diri ke dalam kepengurusan komunitas PI ONE sebagai penasehat, mantan Pangdam II/Sriwijaya ini memang sangat gemar dengan olahraga dan aktifitas otomotif.

Salah satu kegemarannya yakni mengikuti ajang offroad. Sehingga tak salah jika AMP juga duduk sebagai Dewan Pembina di Pengurus Pusat Indonesia Off-road Federation (PP IOF).

Selama menekuni hobi di dunia otomotif, lulusan Akabri 1987 ini, berhasil menggondol banyak penghargaan, yakni beberapa kali mendapatan award dari Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia. Dari Pengprov IMI Jawa Barat dua kali, dan IMI Sumatera Selatan sekali sebagai Lifetime Achievement.

Jenderal Bintang Tiga ini juga diketahui selalu berkontribusi langsung dan memberikan support penuh dalam penyelenggaraan sejumlah event otomotif.

Mulai dari Kejurnas Sprint Rally, Speed Rally, sampai Offroad. Bahkan yang terakhir, AMP menerima kunjungan PI.ONE pusat ke markas Kodiklatad, saat HUT TNI ke-75 di Bandung, Jawa Barat, 5 Oktober 2020 lalu.

“Saya memang hobi otomotif, bahkan langsung turun ke lapangan atau sirkuit, terutama offroad. Sebagai induk organisasi olahraga bermotor terbesar di Tanah Air, saatnya IMI dibenahi agar lebih maju lagi ke depan,” ujar AMP, belum lama ini.

Dukungan AMP menjadi orang nomor satu di IMI memang sudah berdatangan dari berbagai komunitas otomotif, serta sejumlah orang yang memiliki jabatan penting di negeri ini.

Begitu juga dengan PIONE yang diketuai oleh R Wahyu Haryadi, siap dan sangat mantab mendukung AMP menjadi Ketum IMI.

Dukungan PIONE kepada AMP ini juga sejalan dengan dukungan kuat yang diberikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Andika Perkasa memang telah mengeluarkan persetujuan kepada AMP untuk menjadi Ketum IMI. Persetujuan KASAD ini telah didapat ketika Pengurus IMI Jabar melakukan audiensi dan silaturahmi beberapa waktu yang lalu dengan KASAD di Jakarta.

Dengan adanya dukungan langsung dari Kasad serta sejumlah komunitas otomotif, termasuk salah satunya PI ONE, bukan tidak mungkin, AMP bakal duduk menjadi Ketum IMI periode 2020-2024.

Sementara itu terkait kondisi IMI saat ini, banyak pihak mengakui jika IMI belum begitu maksimal menaungi komunitas otomotif non sport.

Padahal di satu sisi jumlah komunitas atau klub otomotif non sport berbasis hobi ini banyak sekali.

Komunitas atau klub otomotif non sport berbasis hobby ini sebenarnya punya potensi dan kontribusi bagi bangsa dan negara melalui kegiatan-kegiatan touringnya untuk memajukan pariwisata di Indonesia dan kegiatan-kegiatan bakti sosialnya yang bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu.

Saat ini IMI memang masih didominasi oleh kegiatan sport atau prestasi. Besar harapan, jika AMP terpilih sebagai Ketum IMI periode mendatang bisa memberikan juga atensi dan peran kepada Klub/Komunitas Otomotif Non Sport untuk memajukan dunia otomotif Indonesia.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-harinya, AMP dikenal sebagai sosok yang humanis dan ramah, jika tidak berseragam TNI atau di lingkungan kerja, AMP bahkan tidak ingin dipanggil Komandan atau Jenderal.

Sementara dalam keluarga besar PI ONE, AMP malah dengan senang hati disapa dengan panggilan Om Bro, sebuah sapaan khas komunitas Pajero terbesar di negeri ini.

“Ini pastinya memberikan kenyamanan bagi kami dalam berkomunikasi dengan beliau karena tidak ada sekat karena status dan jabatan beliau. AMP adalah Pembina/Penasehat di Komunitas Pajero Indonesia ONE dan kita PI ONE mendukung penuh dan mendoakan agar beliau terpilih di Munas IMI nanti.

R Wahyu berharap, semoga para pemilik suara di Munas IMI nanti menjatuhkan pilihannya kepada AMP karena memang IMI perlu sosok AMP dengan segudang pengalaman, jejaring, prestasi dan pastinya kecintaan atas dunia otomotif. myz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here