KRI Bung Tomo-357 Latihan Bersama di Laut Arab

Jakarta – KRI Bung Tomo-357 yang merupakan salah satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) MRLF Class jajaran Satkor Koarmada I kini tengah melaksanakan agenda latihan bersama Multinational Exercise Aman-21 di Laut Arab yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan, Senin (15/2/21).

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E. mengatakan, bersama kapal-kapal dari negara peserta lainnya akan melaksanakan latihan aspek laut selama dua hari. Dimana selama itu akan mempraktekkan kerja sama dalam menangkal serangan cepat oleh target kecil dan melakukan manuver bersama.

“Selain itu, para peserta latihan akan melaksanakan kerjasama melawan pembajakan, operasi pencarian, dan penembakan dengan berbagai senjata artileri yang ada di kapal masing-masing dengan target permukaan ‘killer tomato’ pada jarak sekitar lima kilometer,” jelasnya.

Terpisah, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid K mengatakan, dalam Multinational Exercise AMAN-21, latihan dilaksanakan dua fase, harbour phase dan sea phase. Harbour phase mencakup Konferensi Maritim Internasional (IMC-21) yang diselenggarakan oleh Institut Nasional Urusan Maritim (NIMA) di bawah naungan Angkatan Laut Pakistan.

“Selanjutnya dilaksanakan fase kedua yaitu sea phase yang salah satu agendanya adalah bertujuan memperkuat kerjasama antara angkatan laut dari berbagai negara peserta, serta untuk bertukar pengalaman dalam memerangi pembajakan laut di perairan yang lalu lintasnya padat,” papar Pangkoarmada I.

“Latihan Bersama Multinational Exercise AMAN-21 yang diikuti oleh KRI Bung Tomo-357 ini merupakan salah satu kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi dalam memenangkan kepentingan nasional,” pungkas Dansatgas.

Diketahui sebelumnya, KRI TOM-357 tiba di Pakistan pada tanggal 11 Februari setelah dilepas di Jakarta International Container Terminal II (JICT) pada Jumat (29/1) untuk mengikuti Multinational Exercise AMAN-21 hingga 16 Februari mendatang. myz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here