Kostrad Laksanakan Courtesy Call Bersama Advanced Strategic Leadership Studies Program

JAKARTA, Beritakin.com| Asisten Personel Kaskostrad Brigjen TNI Agung Pambudi mewakili Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. yang didampingi Asisten Intelijen Kaskostrad Brigjen TNI Imam Sampurno melaksanakan Courtesy Call bersama Advanced Strategic Leadership Studies Program di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat. Rabu (1/3/2023).

Rombongan Delegasi Advanced Strategic Leadership Studies Program dipimpin oleh Dr. G. Scott Gorman yang didampingi Atase Darat Amerika Kolonel Theodore Leo Liebreich beserta dua orang perwakilan Dubes Amerika Serikat di Indonesia.

Kegiatan diawali dengan disambut Dandenma Kostrad Kolonel Kolonel Inf Agus Supriyono, S.E. melaksanakan foto bersama, mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad serta penandatangan buku tamu dilanjutkan dengan Courtessy Call di ruang Executive Longe.

Dalam sambutan Pangkostrad yang dibacakan oleh Aspers Kaskostrad menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga karena telah dikunjungi Delegasi Advanced Strategic Leadership Studies Program bersama rombongan.

Aspers Kaskostrad juga menjelaskan kepada rombongan Delegasi Advanced Strategic Leadership Studies Program bahwa Kostrad memiliki tiga Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari Malang dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto.

“Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja dalam tugas operasi militer perang, kita juga berpartisipasi dalam tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Seperti halnya saat ini kita ikut berperan serta dalam upaya membantu program pemerintah dalam mengatasi krisis air bersih, hal ini sejalan dengan program dari TNI Angkatan Darat yaitu “TNI Manunggal Air,” kata Pangkostrad.

“Kostrad banyak membantu masyarakat di Homebase maupun daerah operasi mendapatkan akses air bersih dengan membuat pompa-pompa hidrolik yang menggunakan metode dengan menyalurkan air bersih yaitu melalui memanfaatkan air gravitasi tanpa menggunakan listrik maupun dengan memanfaatkan teknologi sumur bor,” ujar Pangkostrad.

“Pelaksanaan tugas seperti di wilayah Papua, selain dengan operasi tempur maka satuan Kostrad dalam upaya mencapai keberhasilan tugas tersebut juga dilaksanakan dengan pendekatan kesejahteraan, pendekatan ekonomi, pendekatan agama maupun pendekatan sosial budaya dalam rangka untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat,” tambah Pangkostrad.

Pangkostrad juga menjelaskan kerjasama militer melalui latihan bersama dengan negara sahabat. pada tahun 2022 Kostrad telah melaksanakan latihan bersama dengan Amerika Serikat antara lain Latma Super Garuda Shield-16/2022 pada tanggal 26 Juli s.d. 14 Agustus 2022 di Rahlat Puslatpur Kodiklatad Baturaja. Latma Garuda Airborne pada tanggal 28 Juli s.d. 5 Agustus 2022 di Balikpapan dan Baturaja. Latma JPMRC 23-01 pada tanggal 19 Oktober s.d. 15 November 2022 di Hawai.

“Pada tahun 2023 Kostrad akan menyelenggarakan kembali latihan bersama Super Garuda Shield-17/2023 pada tanggal 21 Agustus s.d. 12 September 2023 di Asembagus Jawa Timur,” pungkas Pangkostrad.

Diakhir sambutannya, Pangkostrad berharap kerjasama antara TNI AD khususnya Kostrad dengan Amerika Serikat akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya sehingga dapat meningkatkan profesionalisme para prajurit kedua Negara.

Sementara itu, Dr. G. Scott Gorman mengatakan jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pejabat Kostrad.

Setelah Courtessy Call selesai, kegiatan diakhiri dengan pertukaran Cinderamata. (Penkostrad).

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button