Kolaborasi BAZNAS RI dan Yayasan Humaniora untuk Program Sedekah Barang

beritakin.com,Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerjasama dengan Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan menggulirkan program Sedekah Barang.

Program tersebut dimaksudkan sebagai solusi untuk individu dan komunitas bilamana ingin menyumbangkan barang layak pakai untuk masyarakat yang membutuhkan.

Acara seremonial Kolaborasi Campaign Sedekah Barang tersebut digelar di Gedung BAZNAS RI, Matraman, Jakarta, Jumat, (20/6/2024).

Hadir di acara ini Direktur Pengumpulan Perorangan BAZNAS RI, Fitriansyah Agus Setiawan, serta Pendiri dan Ketua Umum Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Eddie Karsito.

Dalam sambutannya, Direktur Pengumpulan Perorangan BAZNAS RI, Fitriansyah Agus Setiawan menyampaikan, program sedekah barang ini untuk memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk menyumbangkan barang-barang layak pakai yang masih memiliki nilai manfaat.

“Orang Indonesia itu gemar sekali memberikan bantuan dalam bentuk uang dan juga bantuan berupa barang yang dimiliki. Jadi istilahnya bukan barang bekas. Saya kurang setuju dengan istilah sedekah barang bekas, karena saya kira barang yang disimpan adalah barang yang istimewa, spesial, yang masih punya nilai dan itu bisa kita donasikan,” katanya.

Fitriansyah menyatakan kolaborasi program sedekah barang ini sangat strategis karena Negara Indonesia dikenal sebagai negara yang dermawan, terutama para publik figurnya.

Fitriansyah menyebut, BAZNAS telah beberapa kali menerima bantuan donasi dalam bentuk barang dari public figur yang kemudian dilelang untuk program-program kemanusiaan.

Melalui program ini, lanjut dia, BAZNAS bersama Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan berkomitmen bersama mengajak masyarakat mendukung gerakan Sedekah Barang ini.

“Kami atas nama BAZNAS menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan. Hari ini secara resmi kita berkolaborasi dalam kebaikan. Insya Allah terus kita kampanyekan program-program ini. Kita berharap dari program sedekah barang ini dapat memperkuat berbagai program pengentasan kemiskinan yang dijalankan oleh BAZNAS dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” jelas Fitriansyah.

Sementara itu, Pendiri dan Ketua Umum Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Eddie Karsito, menyebut pihaknya telah menjalankan program serupa sejak tahun 2010.

Selain itu, banyak dari donatur dan penyantun Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan yang berasal dari kalangan artis, seniman dan budayawan.

“Gagasan sedekah barang dari BAZNAS ternyata kegiatan serupa sudah dilakukan Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan sejak tahun 2010. Hanya namanya beda, yaitu Misi Kemanusiaan Universal – Barang Bekas Menolong Sesama. Jadi ini simbiosis mutualisme, alhamdulillah kita sepakat dengan BAZNAS agar program sedekah barang ini dapat berjalan,” kata Eddie Karsito.

“Alhamdulillah juga di yayasan kami banyak artis, seniman dan budayawan yang membantu berbagai program. Insya Allah mereka siap terlibat dalam kampanye program sedekah barang ini,” imbuh penggiat sosial yang juga aktor film dan sinetron ini.

Eddie menambahkan, pihaknya merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan BAZNAS. Karena menurutnya, BAZNAS merupakan lembaga resmi terpercaya dan terbesar di Indonesia dalam mengelola donasi dan bantuan masyarakat untuk mereka yang membutuhkan.

Sementara Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan merupakan lembaga nirlaba yang sudah beroperasi selama 29 tahun sejak didirikan 17 Ramadhan 1415 H / 17 Februari 1995.

Bergerak di bidang pelayanan sosial, pendidikan dan kegiatan budaya. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan formal dan non-formal secara gratis, serta menyalurkan bantuan sosial dan santunan.

Membina sekitar 229 pemulung, sebagian diantaranya adalah janda-janda lanjut usia, dan ada yang usianya 97 tahun. Menyantuni kaum dhua’fa, fakir miskin, dan 40 anak yatim dan dhua’fa non-panti yang tersebar di dua rumah singgah, Bekasi (Jakarta), dan di Baleendah Kabupaten Bandung.

Turut hadir di acara seremonial penanda tanganan kerjasama “Kolaborasi Campaign Sedekah Barang” ini, antara lain Dewan Penyantun Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Mohamad Setiadi Dermawan Wakan, Ketua Dewan Pembina Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Iwan Burnani Toni, Fasilitator Bidang Kreatif dan Usaha I Gusti Made Ardikabudi, serta Fasilitator Bidang Sosial dan Rumah Tangga, Abdi Rizal..

(Kelana Peterson) @Kelana.luntang-lantung

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button