KIN RI Resmikan Program Pengabdian Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial dalam Bina Usaha Masyarakat Mandiri

BOYOLALI, beritakin.com | Komite Investigasi Negara (KIN RI) secara nasional mengukuhkan dan meresmikan ‘Program Pengabdian Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial dalam Bina Usaha Masyarakat Mandiri’ di Dusun Rejoso, Kelurahan Tanduk, Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (19/03/2022).

Berbagai program dan produk andalan yang disajikan masyarakat Dusun Rejoso dipamerkan dalam kegiatan peresmian program tersebut.

Pameran produk-produk UKM Unggulan Dusun Rejoso yang turut mewarnai kegiatan tersebut, di antaranya;

Batik Tulis Rejoso, yaitu produk Batik Tulis yang dikembangkan di Dusun Rejoso. Kemenkop UKM pada saat pidatonya dalam acara pengukuhan dan peresmian tersebut menjanjikan akan dibantu penuh dibuatkan hak patennya.

Hal ini agar memiliki kekuatan dasar hukum yang menjadi kebanggaan Dusun Rejoso.

Produk makanan ringan turunan pemotongan daging sapi Dusun Rejoso dengan berbagai varian unggulan, seperti keripik, abon, kerupuk, dan lain-lain.

Program penanaman sejuta hektar kelapa Kopyor menuju kawasan WISATA Agro Industei Kelapa Kopyor Dusun Rejoso bersama CDK sebagai partner pelaksana.

Program pengelolaan sampah sayur menjadi pupuk organik super yang diperlukan dalam bidang pertanian.

Pengembangan tanaman stevia dalam mendukung program Kemenhan RI melalui PT. Stevia Agro Internasional untuk mewujudkan program penguatan cadangan logistik strategis nasional negara, ke depan, sinergi kerja sama dengan KIN-RI secara berkelanjutan.

Dalam hal ini, sebagai pelaksana teknis regulasi program tingkat Dusun Rejoso, CV Sumber Arto dipercaya sebagai pemangku kegiatan berkelanjutan Bina Usaha Masyarakat Mandiri di tingkat Jawa Tengah ini.

Program Kerja KIN RI sendiri pada tahun 2022 sesuai AD/ART adalah fokus terhadap berbagai upaya utama mengawal kedaulatan NKRI, menghambat terjadinya berbagai ATHG dan dalam rangka turut mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara.

Kemudian di luar tugas investigasinya, KIN-RI sesuai tradisinya bekerja dalam sunyi senyap. Dalam setiap kegiatan operasinya yang sangat tertutup dan dilaksanakan dalam satu garis komando.

Hasilnya diakses langsung oleh pimpinan tertinggi untuk menjadi rekomendasi kepada Presiden sebagai kepala negara.

Kegiatan pengabdian masyarakat dan kesejahteraan sosial KIN-RI adalah kegiatan dalam mencapai tujuan mulia berbangsa dan bernegara, yaitu Kegiatan Sunyi Senyap.

Tim KIN-RI turun langsung di tengah masyarakat di berbagai sektor menyentuh dan melakukan berbagai pendampingan program mulia, di antaranya adalah yang mendukung terwujudnya kesejahteraan ekonomi rakyat, pelayanan kesehatan masyarakat, pendidikan masyarakat sangat menjadi perhatian kita semua sebagai warga.

Program-program pengabdian masyarakat dan kesejahteraan sosial tersebut oleh KIN-RI diimplementasikan dalam berbagai kegiatan kerja sama;

  1. Bina Usaha Masyarakat Mandiri Dusun Rejoso, Desa Tanduk, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah sebagai leader program nasional di Jawa Tengah dan sudah diresmikan pimpinan KIN-RI, diikuti beberapa KINDA provinsi dan Koordinator KIN kabupaten/kota bersama CLS Kemenhan RI.
  2. Bina Pelayanan Kesehatan Masyarakat Mandiri di Kecamatan Kalipare, Malang, Jawa Timur dan Purwakarta, Jawa Barat tahap pertama, segera akan digerakkan lebih terintegrasi lagi agar efektif dan berjalan maksimal.
  3. Bina Pelayanan Mandiri SMK sebagai leader program nasional pertama Jawa Barat. Setelah minimal 10 SMK swasta binaan akan segera dikukuhkan dan diresmikan secara nasional tahun 2022 Ini.

Ini adalah beberapa program utama yang KIN-RI lakukan sebagai implementasi Nota Kesepahaman KIN-RI dengan KEMENHAN RI tahun 2017 tentang Bela Negara dan dilaksanakan melalui Kedeputian IV, Kebijakan Publik dan Ekonomi Masyarakat yang saat ini dilaksanakan langsung oleh pejabat Kedeputian terkait.

Program-program pengabdian masyarakat lainnya akan segera menyusul dan bersinergi dengan berbagai program pemerintah dalam usaha meningkatkan derajat kehidupan seluruh bangsa Indonesia.

Melalui kekuatan akar rumput dengan program-program nyata dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat. (ONE/Erwin Efendi)

 

 

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button