Jakarta Raih STA 2021, Transjakarta Kembangkan Sistem Integrasi

Jakarta – Jakarta berhasil meraih penghargaan STA 2021 (Sustainable Transport Award) yang digelar secara online, Jumat, 30 Oktober 2020 lalu. Salah satunya alasannya karena Jakarta dinilai berhasil menciptakan layanan transportasi terintegrasi antara satu moda dengan moda lainya.

Dengan raihan di ajang bergengsi dunia itu, maka Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang mendapat penghargaan seperti itu. Padahal, Jakarta bersaing dengan negara-negara lainnya seperti Adis Ababa, Bogota, Auckland, Braga, Buenos Aires, Frankfurt, Sao Paulo, dan lainnya.

Dengan berhasilnya Jakarta di pencapaian ini, tentunya tak lepas dari upaya dan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dalam menciptakan layanan transportasi yang terintegrasi dari segala aspek baik secara fisik maupun sistem pembayaran.

Selain Transjakarta, harapan integrasi yang lebih baik tentunya semakin terlihat jelas dengan hadirnya Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, Light Rail Transit (LRT) Jakarta hingga layanan Mikrotrans.

Lalu di bawah payung PT Jaklingko Indonesia, semua moda transportasi milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini bakal terus megembangkan layanan transportasi terintegrasi baik secara fisik, hingga sistem pembayaran.

TransJakarta dikenal sebagai moda transportasi kebanggaan warga Jakarta. Memiliki lintasan sepanjang 251,2 kilometer ini, tak heran menjadikan Transjakarta sebagai layanan Bus Rapid Transit (BRT) terpanjang di dunia.

Bahkan sejauh ini, TransJakarta memiliki 260 halte yang tersebar di 13 koridor utama.

Melalui lintasan ini, Transjakarta tentunya sudah terintegrasi dengan moda transportasi lainnya baik MRT, LRT, KCI dan Mikrotrans dan lainnya dan menjangkau lebih dari 83 persen di seluruh Jakarta pada tahun 2019 lalu.

Dengan jangkauan itu, maka Transjakarta tentunya sudah terintegrasi dengan berbagai macam moda yang melayani mobilitas kegiatan sehari-hari, baik masyarakat di Jakarta maupun masyarakat yang berada di luar Jakarta.

“Kami merasa bangga dan bersyukur dapat sedikit berkontribusi terhadap kesuksesan kota Jakarta dalam mendapatkan penghargaan ini. Tentunya ini tidak lepas daripada kerja keras insan insan Transjakarta dan juga seluruh perusahaan transportasi publik di Jakarta lainnya,” ujar Sardjono Jhony Tjitrokusumi, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dalam keterangan resminya, Minggu (1/11/2020).

Selain itu, tambahnya, arahan Gubernur dan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terkait integrasi angkutan umum dan keberlangsungan Transportasi publik di Jakarta melalui program Jaklingko sangat jelas dan menjadi prioritas.

Penghargaan ini menurutnya akan menjadi pacuan bagi Transjakarta untuk terus mengembangkan diri untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi bagi pelanggan setia kami.

Ke depannya, perseroan juga akan terus melebarkan sistem intgerasi lainnya dari segala aspek yang bisa dinikmati dan memudahkan pelanggan serta memberikan pengalaman yang seru saat menggunakan transportasi publik, khususnya Transjakarta.

“Hal ini tentunya sejalan dengan cita-cita Pemprov DKI dalam mewujudkan City 4.0. Untuk¬†mewujudkan itu, saat ini Transjakarta sedang mengembangan penggunaan bus listrik yang diharapkan bisa menjadi moda transportasi publik terintegrasi dan ramah lingkungan sesuai konsep green city yang dicanangan oleh Pemprov DKI,” tutur Sardjono.

Tak hanya itu, katanya, Perseroan baru saja sukses melakakukan ujicoba dua bus listrik yang duji coba selama 3 (tiga) bulan di rute komersial yakni Balai Kota – Blok M dengan mengangkut pelanggan .

“Kami juga terus melakukan berbagai transformasi lainya secara digital salah satunya dengan meluncurkan aplikasi TIJE dengan berbagai fitur canggih yang dapat dinikmati pelanggan,” tutur Sardjono.

Di samping itu, Transjakarta terus menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

Namun, jika memang harus terpaksa meninggalkan rumah, maka dianjurkan tetap selalu menererapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. yan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here