Hayati dan Terapkan Pancasila Dalam Keseharian

Beritakin.com – Kita semua tahu bahwa tgl 1 Juni merupakan Hari Lahir Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia mempunyai nilai-nilai yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun Pancasila terdiri dari lima sila yang berbeda, namun semua saling melengkapi dan menjadikan Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh untuk menjadi pedoman kehidupan bersama di Indonesia.

Oleh sebab itu dengan adanya perkembangan zaman, penerapan Pancasila sebagai dasar kehidupan bersama di Indonesia, wajib digaungkan dengan penyuluhan dan pendidikan serta menghayati dan mengamalkan Pancasila di lingkungan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Semua sila di Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dilaksanakan secara terpisah. Karena sila Pancasila saling memiliki keterkaitan dari sila pertama sampai sila kelima.

Oleh sebab itu, kita sebagai warna negara Indonesia yang baik dan anak muda yang merupakan pilar dari bangsa ini harus tetap menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saiful SH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here