Gus Dardiri, Sosok Ketua Terpilih PCNU Lampung Timur yang Ramah dan Supel

Lampung – Di kalangan warga Lampung Timur, trutama kalangan Nahdliyyin dan Pesantren nama Gus Dar sudah tidak asing lagi, pemilik nama lengkap KH Dardiri Ahmad, SH.I merupakan ketua terpilih Tanfidziyah PCNU Lampung Timur Periode 2019-2024.

Gus Dar terpilih secara aklamasi pada konfrensi Cabang V (Konfercab) PCNU Lampung Timur pada Tanggal 25 November 2019 di PP Darunnajah Sambikarto Sekampung Lampung Timur. Pada Konfercab tersebut Gus Dar terpilih sebagai ketua Tanfidziyah bersama KHSahlan Abdullah Sebagai Rois Syuriyah Periode 2019-2024.

Gus Dardiri merupakan putra sulung dari enam saudara pasangan KH Ahmad Shodiq (1927-2017) dan Nyai HjSaminah Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalamah Braja Dewa Way Jepara Lampung Timur sekaligus mursyid Thoriqoh Qodiriyyah Wa Naqsabandiyah.

Sejak kecil Gus Dardiri hidup di lingkungan pondok pesantren yang secara langsung dididik oleh sang ayah, sebelum menimba ilmu di pulau Jawa tepatnya di Ponpes Darussalam Sumbersari Kencong Kepung Kediri Jawa Timur asuhan KH Imam Faqih Asy’ari pada tahun 1984-1985.

Setelah satu tahun di Sumbersari Gus Dardiri melanjutkan belajar di Pondok Pesantren Asuhan abahnya sendiri yang kemudian melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi di Metro yaitu di Sekolah Tinggi Agama Islam Maarif (STAIM) NU fakultas Syari’ah Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah.

Dari sisi keilmuan, dilihat dari guru-guru beliau sanad keilmuannya nyambung dengan Hadrotussyeikh KH Hasyim Asy’ari, pasalnya KH Imam Faqih Asy’ari adalah santri langsung KH Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dan KH Abdul Karim Lirboyo Kediri Jawa Timur.

Dari sisi organisasi, Gus Dardiri adalah orang yang aktif berorganisasi. Selain sekarang menjadi pengasuh Ponpes Darussalamah, beliau pernah aktif menjadi pengurus GP ANSOR Lampung Timur, Pengurus Wilayah NU (PWNU) Provinsi Lampung dan sekarang menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Lampung Timur untuk Lima Tahun ke depan.

Bapak dari tiga anak ini adalah sosok yang mudah bergaul, mulai dari kalangan santri, masyarakat hingga para pejabat sudah terbiasa dengan beliau sehingga siapapun yang bertamu ke rumah beliau akan merasa nyaman karena akan disambut dengan ramah tanpa membeda-bedakan.

Semoga NU Kabupaten Lampung Timur di bawah Komando KH Dardiri Ahmad, SH.I yang dilantik langsung Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siroj MA pada Tanggal 11 Februari 2020, bisa lebih baik lagi dan membawa kemajuan khususnya warga Nahdliyyin umumnya seluruh masyarakat Lampung Timur. myz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here