BKKBN dan komisi IX DPR RI ajak warga jakarta cegah Stunting sejak dini

beritakin.com JAKARTA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menggelar Sosialisasi Bangga Kencana bersama Mitra Kerja di Provinsi DKI Jakarta yang bertempat di Masjid Al Hidayah, Cengkareng, Jakarta Barat, Ahad (20/11/2022).

Hadir sebagai pembicara selaku mitra kerja yakni Anggota Komisi IX DPR RI, Yahya Zaini, Direktur Perencanaan dan Pengendalian Penduduk BKKBN Munawar Asikin dan Kepala Bidang PK2 Dinas PPAP Prov. DKI Jakarta Ibni Sholeh.

Munawar Asikin dalam paparannya menekankan pentingnya warga di DKI Jakarta melakukan pencegahan stunting sejak dini. Salah satu upaya yang dilakukan BKKBN bekerjasama dengan Kementerian Agama adalah meluncurkan aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil).

Dikatakannya bahwa pencegahan stunting dimulai bahkan sejak calon suami dan calon istri mau menikah.

“Calon pengantin harus mendaftarkan diri tiga bulan sebelum menikah lewat aplikasi untuk mengukur nama, berat badan, tinggi badan, lingkar lengan harus memenuhi standar kesehatan untuk siap nanti jika memiliki anak,” papar Munawar.

Munawir juga mengingatkan bahwa anak adalah harta yang paling berharga. Oleh karena itu, wajib dijaga benar dengan memberikan asupan gizi yang baik selama tumbuh kembangnya. Baik selama kehamilan dan termasuk dua tahun usia pertama.

Anggota Komisi IX DPR, Yahya Zaini menambahkan pentingnya peran semua pihak dalam mencegah dan menekan penurunan angka stunting pada anak.

Dengan keterlibatan semua pihak maka target penurunan angka stunting di tahun 2024 di angka 14 persen tidak sulit.

“Angka 14 persen target pemerintah menurunkan angka stunting ini tidak berat jika semua ikut serta salah satu melalui sosialisasi hari ini,” ucap anggota Fraksi Golkar ini.

Kepala Bidang PK2 Dinas PPAP Prov. DKI Jakarta Ibni Sholeh menyatakan bahwa pencegahan dan penurunan angka stunting merupakan tugas bersama tidak hanya pemerintah tetapi semua elemen masyarakat.

“Dengan keterlibatan semua pihak kami yakin angka stunting di Jakarta dan nasional bisa diatasi dengan baik,” tutup Ibni Sholeh. []

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button