28 Tahun Terpendam, Akhirnya Lagu Terbaru Chrisye “Rindu Ini” Dirilis

Jakarta – Lagu berjudul “Rindu Ini” dari almarhun penyanyi Chrisye yang pernah direkam namun belum sempat publish, akhirnya dirilis juga oleh Musica Studio, baru-baru ini.

Direktur Musica Studio’s, Indrawati Widjaja menjelaskan, tembang “Rindu Ini” memang sempat terbenam dalam arsip-arsip label. Lagu tidak sengaja ditemukan ketika Musica sedang memeriksa dan menata ulang arsip-arsip lama.

“Pada masa itu, proses untuk pemilihan lagu andalan tidak mudah. Biasanya rilis dalam bentuk album, bukan single. Rencananya lagu ini disimpan untuk album berikutnya, tapi ternyata benar-benar tersimpan,” ujarnya pada konferensi pers virtual, Senin (28/9/2020).

Perempuan yang akrab disapa Acin itu kemudian menghubungi pihak keluarga Chrisye serta para musisi yang terlibat dalam produksinya. Lagu itu diciptakan oleh Tito Soemarsono dan Cecep, serta melibatkan Dwiki Dharmawan sebagai produser musik.

Musica memutuskan untuk merilis lagu karena materinya sangat bagus dan dianggap tetap relevan bagi pencinta musik. Peluncuran sengaja dilakukan pada September, bertepatan dengan bulan kelahiran Chrisye.

Lagu berkisah tentang cinta dan kerinduan yang tersimpan terhadap pasangan. Meskipun ada cerita sedih di masa lalu, namun seseorang tersebut tetap tulus mencintai sang kekasih kelak hingga akhir hayatnya.

Lagu “Rindu Ini” dari Chrisye kini sudah bisa dinikmati di Spotify, YouTube, dan seluruh kanal digital. Penggagas Komunitas Kangen Chrisye (K2C) Ferry Mursyidan Baldan, menyambut baik perilisan lagu.

“Kami tidak rela kalau masyarakat melupakan Chrisye. Sesuatu yang jadi peninggalan musisi adalah lagu. Kami tetap di jalur itu, menjaga dan menghormati karya-karyanya,” kata Ferry

Produser musik lagu “Rindu Ini”, Dwiki Dharmawan menceritakan proses penggarapan dari lagu ini. Lagu itu digarap menggunakan teknologi keluaran awal 1990-an yang saat itu bisa dikatakan pada masanya.

Menurut Dwiki, Chrisye memintanya agar memasukkan synthesizer untuk melengkapi aransemen musiknya. “Mas Chrisye minta saya masukin synthesizer supaya jangan gitar akustik semua yang keluar. Makanya di bagian interlude saya agak main synthesizer,” ujar Dwiki Dharmawan.

Anak almarhum Chrisye, Pasha Chrismansyah mewakili pihak keluarga menyambut baik peluncuran lagu “Rindu Ini”. Menurutnya, lagu itu bisa mengobati rasa rindu terhadap ayahnya.

“Kalau pertama kali dengerin reaksinya lagunya dalam ya sebagai obat rindu dari papah buat keluarga dan obat rindu untuk penggemarnya,” ungkap Pasha.

“Rindu Ini” diciptakan oleh Tito Sumarsono bersama Cecep yang mengisahkan tentang seseorang yang jatuh hati terhadap pasangannya. Meskipun ada cerita sedih di masa lalu, namun dia tetap tulus mencintai sang kekasih kelak hingga akhir hayatnya nanti.

Lagu “Rindu Ini” dari Chrisye sudah dapat didengarkan melalui berbagai layanan musik digital sejak tanggal 25 September 2020. myz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here